Bagi vendor kelas besar semisal Sony Ericsson, tipe atau huruf yang menjadi pengenal setiap seri bisa jadi tanda identifikasi atau pengenal dimana ponsel itu ‘berada’. Selain itu, juga dapat dijadikan referensi buat berburu ponsel – ponsel Sony Ericsson. Dengan dikategorikannya tipe ponsel Sony Ericsson, kita dapat mengetahui dimana fitur ungulan dari ponsel tersebut.

Sony Ericsson sekarang fokus pada seri musik (seri W), kamera (seri C), bisnis (seri G), smartphone (seri P), desain/fashion (seri Z/S), komunikasi dasar (seri J),) dan multimedia (seri K) serta powerhouse device Xperia (seri X). Daftar seri selengkapnya dapat dilihat pada tabel dibawah ini.

Tabel Seri-Seri Sony Ericsson

Tabel Seri-Seri Sony Ericsson

-Seri Musik (WALKMAN PHONE).

Seri yang mengutamakan ‘permainan’ musik ini pertama kali diluncurkan pada Sony Ericsson W700 tahun 2005. Ciri – ciri ponsel WALKMAN adalah logo khas WALKMAN (yang juga pemutar musik portable Sony) di setiap seri. Selain itu, media player yang biasanya terdapat pada ponsel SE digantikan dengan WALKMAN Player yang sekarang sudah mencapai Versi 3.0, didukung dengan equalizer MegaBass yang mana tidak ditemukan pada ponsel non WALKMAN.

-Seri Kamera (CyberShot)

Jargon ‘CyberShot’ pada seri ini tentu mengingatkan kita pada kamera digital buatan Sony. Yupp, gak salah, mengingat seri ini adalah ‘ujung tombak’ Sony Ericsson dalam generasi ponsel kameranya.Seri ini pertama kali dikenalkan tahun 2006 oleh Sony Ericsson K800. Sama seperti ponsel WALKMAN, ponsel kamera dapat dikenali lewat tulisan ‘CyberShot’ pada bodi. Ciri – ciri lain ponsel ini terdapat pada fitur Autofokus dan Xenon Flash.Awalnya Sony Ericsson memakai beberapa ponsel dengan ‘huruf’ K untuk seri ini. namun,pada penamaan Sony Ericsson terbaru, seri C yang juga singkatan dari CyberShot didaulat menggantikan seri K yang telah dipakai dibeberapa seri CyberShot sebelumnya.

-Seri Bisnis

Seri ini dimulai dengan Sony Ericsson G700 dikenalkan Pebruari 2008. Seri G yang berarti Generation Web, dari namanya juga sudah ketahuan bahwa seri ini fokus pada kecepatan data tinggi. Ciri – ciri ponsel tipe ini adalah sudah berlayar Touchscreen (layar sentuh), sistem operasi Symbian UIQ dan tentu saja teknologi kecepatan data tinggi HSDPA/3.5 G.

-Seri SmartPhone

Dikenalkan pertama kali oleh Sony Ericsson P800 pada tahun 2003. Ciri – ciri yang paling menonjol pada seri ini adalah ketersediaan keypad QWERTY, Wi-Fi (pada beberapa ponsel), Symbian UIQ dan touchscreen. Hampir sama dengan seri G, namun bila pada seri G lebih ditekankan pada kecepatan akses data, diseri ini lebih ditekankan fitur office (dengan ketersediaan keypad QWERTY tadi)

-Seri Desain/fashion

Seri ini mengutamakan tampilan (desain) dan fashion, wajar jika ponsel di seri ini terlihat lebih glamor. Asal katanya berasal dari Ze Bobber/Fashion. Kebanyakan seri ini berkonsep sliding (geser) dan clamshell (lipat) dan sampai saat ini tidak ada yang berkonsep bar (batang). Mungkin ini adalah salahsatu strategi Sony Ericsson, karena fungsi estetika (baca: keindahan) ponsel lebih banyak terdapat pada konsep sliding dan clamshell ketimbang konsep bar. Atau dengan kata lain lebih menarik daripada konsep bar yang cenderung ‘monoton’. Seri ini ‘perluas’ dengan kehadiran ponsel S

-Komunikasi Dasar

Diambil dari kata Junior, pastinya dapat ditebak ponsel tipe ini menyasar kalangan mana. Yupp, sekali lagi benar, ponsel dengan “huruf” J ini memang ditujukan bagi kalangan bawah yang hanya mendambakan fitur dasar sebuah ponsel, calling & Texting (telepon dan perpesanan).

-Multimedia Phone

Adalah segmen yang diusung pada seri ini. Makanya jangan heran bila menemukan fitur equalizer MegaBass atau interface (antarmuka) Cybershot pada beberapa ponsel di seri ini. Ponsel seri K merupakan terbanyak (sampai tulisan ini dimuat) yang diluncurkan Sony Ericsson dengan jumlah total 23 buah ponsel. Ponsel tersukses pada seri ini adalah K750.

-Xperia

Inilah tipe ponsel future Sony Ericsson. Xperia X1, ponsel pertama di seri ini, diluncurkan pada 30 September 2008 (menurut website resmi). Dan diisukan akan menjadi pesaing terberat Iphone, ponsel buatan Apple, yang lagi booming belakangan ini.

Selain tipe – tipe diatas, Sony Ericsson juga mengeluarkan ponsel bundling dengan operator khusus, yaitu

-T-Mobile

Ponsel dengan seri D ini menjadi bundling operator Deutsche Telekom/T-Mobile

-Vodafone

Bila T-Mobile dengan Amerika, ponsel dengan tipe V ini menjadi bundlingan operator ‘tuan rumah’, Jepang, Vodafone

About these ads