Baterai merupakan “organ” vital ponsel. Tanpa adanya baterai, jangan harap ponsel bisa hidup. Rata – rata ponsel dipasaran (termasuk juga Sony Ericsson) memiliki waktu standby sekitar 300 jam. Hal ini berarti jika ponsel tersebut didiamkan tanpa disentuh, maka dapat hidup sampai 300 jam. Namun, dalam pemakaian normal hanya bisa hidup sekitar 2 hari, bahkan bisa kurang dari 1 hari bila pemakaian sangat “ekstrim” (hal ini dialami sendiri oleh penulis).

Berikut ini adalah beberapa cara untuk menghemat baterei ponsel SE, berlaku untuk semua type :

  1. Kurangi brightness : Brightness ponsel – ponsel Sony Ericsson defaultnya adalah 100%. Mengurangi brightness bisa memperpanjang daya tahan baterei.
  2. Kurangi volume, baik volume speaker atau phone
  3. Jangan memakai theme animasi : Theme animasi membuat procesor ponsel kita bekerja lebih keras, dan tentu saja menyedot daya baterei lebih banyak.
  4. Untuk HP 3G, matikan mode 3G kalau tidak diperlukan : Menghidupkan mode 3G akan membuat ponsel terus-terusan mencari sinyal 3G yang memerlukan daya lebih besar dari sinyal biasa.
  5. Matikan GPRS jika tidak diperlukan : Alasannya sama dengan mematikan 3G. Hanya saja, ponsel-ponsel SE punya kelebihan tersendiri. Walau GPRS-nya dimatikan, tapi kalo kita sewaktu-sewaktu ingin menggunakan GPRS, tidak perlu diaktifkan kembali, karena GPRS-nya bakal aktif otomatis saat kita online, dan kembali off begitu kita selesai online
  6. Jangan memakai screensaver.
  7. Jangan biarkan aksesoris seperti handsfree atau lainnya menancap di ponsel saat tidak digunakan, karena aksesoris-aksesoris tersebut juga membutuhkan daya, walau hanya sedikit.
  8. Matikan ponsel jika tidak diperlukan (saat kita tidur misalnya). Selain menghemat baterei, juga bisa membuat komponen-komponen ponsel lainnya berumur panjang.

(Spesial Thank To Luna @ SE-ven Blog For This Tips And Trick With Changed)