Ketika mengakses aplikasi, kita seringkali diganggu oleh izin aplikasi tersebut untuk melakukan sesuatu (koneksi internet, menjelajahi file, mengirim pesan, dll). Sebenarnya ada cara untuk “menghapus” izin tersebut. Mau tau caranya ? simak terus artikel berikut

EQHalmer adalah nama program tersebut. Dengan EQHalmer kita bisa menghilangkan izin dengan menambah sertifikat atau signer. Fungsinya tidak lain adalah untuk mempersilakan aplikasi melakukan “tugas”nya tanpa diganggu oleh perizinan itu.
Sebenarnya, permission atau izin sudah terdapat di aplikasi. Namun hanya saja kurang maksimal, contohnya dalam perizinan Read User Data biasanya hanya terdapat 2 pilihan, No atau Always Ask tanpa ada pilihan Ask Once ataupun Never Ask. Program ini menciptakan pilihan Ask Once dan Never Ask sehingga ketika aplikasi meminta izin, cukup menanyakan sekali atau tidak ditanya. Efektif untuk aplikasi file manager semisal Moby Explorer ataupun aplikasi player musik semisal Glass Player atau KD Player (mungkin aplikasi – aplikasi ini akan saya bahas lain kali).
Penasarankan ? berikut langkah – langkahnya :
1. Download dan ekstrak program EQHalmer

2. Masukkan aplikasi yang ingin disertifikat ke folder EQHalmer yang telah diekstrak tadi. Sebagai contoh saya gunakan aplikasi internet browser UCWEB

3. Drag and drop aplikasi ke program EQHalmer (EQHalmer.exe)

4. Tunggu hingga proses selesai

5. Setelah selesai, akan terbentuk file .jad. Lalu kopikan file .jar (ucweb-51-100-15-07072711.jar) dan file .jad (ucweb-51-100-15-07072711.jad) ke direktori yang sama dalam memori ponsel (contoh ke dir phone/other)

6. Lakukan installasi aplikasi melalui file .jad dan BUKAN dari file .jar

7. Setting izin, caranya sorot aplikasi, pilih More > Permissions. Ubah setting menjadi Ask Once atau Never Ask.

8. Jalankan aplikasi, dan selesai.

dengan begini kita tidak diganggu lagi dengan perizinan dari aplikasi
Semoga bermanfaat bagi kita semua