Semenjak kemunculan Sony Ericsson C905 sebagai ponsel kamera 8 mp, Sony Ericsson nampaknya benar – benar serius untuk menjadi leader di ponsel kamera. Tahun 2009 mendatang, menurut rumor yang beredar akan diramaikan oleh ponsel Sony Ericsson 12 Megapixel pertama, dengan kodenama Kokuro.

Seperti Iphone, ponsel buatan Apple, kokuro akan dilengkapi layar multi touchscreen dan chipset TI3240 dengan OS Symbian S60 versi 9.4. Bila ponsel ini benar – benar diluncurkan, maka akan menjadi ponsel pertama Sony Ericsson bersistem operasi Symbian S60 versi 9.4 (sebelumnya Sony Ericsson menggunakan sistem operasi Symbian UIQ).
Informasi fitur – fitur ponsel ini masih belum banyak. Diantaranya 3.5 mm headphone jack, slot mini-USB dan Bluetooth A2DP.

Sebelumnya, Sony telah mengumumkan telah berhasil mengembangkan sensor kamera 12 megapixel. Berikut beritanya,

INILAH.COM, Tokyo – Raksasa pembuat elektronik Jepang Sony, mengumumkan telah berhasil mengembangkan sensor CMOS 12,25 megapiksel untuk ponsel kamera, bernama Exmor IMX060PQ. Selain untuk ponsel, Sony merencanakan akan menggunakan sensor ini pada kamera digital untuk pemula.

Selain CMOS 12,25 megapiksel, Sony juga memiliki dua sensor lain berukuran 5,15 dan 8,11 megapiksel. Sony tahun depan akan mulai menggunakan sensor ini pada ponsel murahnya. Diperkirakan, pada 2009 ponsel murah sudah menggunakan sensor minimum 5MP.

Sony pertama kali akan menggunakan sensor itu di perangkat kamera digital. Setelah itu baru digunakan pada ponsel.

Foto yang ditunjukkan dengan menggunakan sensor 12,25 megapiksel terlihat tajam. Sedangkan keseimbangan warna maksimal dengan pixel pitch 1,4 micrometre.

Hanya berukuran 7,5 mm, sensor ini berharga 2.500 yen. Memang masih mahal, tapi cukup menantang untuk mengetahui, bagaimana sensor ini mampu mengatasi kondisi kurang cahaya.

Ponsel kamera high end, saat ini telah mencapai 8MP. Penggunaan megapiksel besar pada ponsel ini mengakibatkan harga kamera digital turun drastis.

Sony akan mulai memasarkan modul kamera IU060F yang built-in lensa dan fungsi auto-focus. Namun kamera ini tak akan masuk pasar sampai September 2009.[ito]

Mungkinkah modul kamera tersebut yang akan diimplementasikan ke Kokuro, atau lebih umum ke ponsel Sony Ericsson mereka. Lets we see next year…