Google Android Phone
Android, sebuah Sistem Operasi yang dikembangkan Google dan didukung Open Handset Alliance ini, dikabarkan akan hadir dalam ponsel Sony Ericsson. Bahkan, Sony Ericsson tidak menampik adanya kemungkinan mengadopsi sistem operasi ini. Hal ini disampaikan langsung oleh Dick Komiyama, Presiden Sony Ericsson.

“Tentu saja kami mempelajari kesempatan ini meskipun saat ini kami belum berada dalam posisi untuk melakukannya,” kata Komiyama kepada para jurnalis di Lund, Swedia.

Hal ini terkait bergabungnya Sony Ericsson dalam Open Handset Alliance, sebuah konsorsium yang bertujuan untuk mengembangkan standar terbuka bagi perangkat bergerak pada 9 Desember 2008 lalu. Selain Sony Ericsson terdapat 13 perusahaan yang juga ikut bergabung. Mereka adalah
– AKM Semiconductor Inc.
– ARM
– ASUSTek Computer Inc.
– Atheros Communications
– Borqs
– Ericsson
– Garmin International Inc.
– Huawei Technologies
– Omron Software Co. Ltd
– Softbank Mobile Corporation
– Teleca AB
– Toshiba
– Vodafone

Sony Ericsson mengungkapkan melalui situs resmi mereka,Rikko Sakaguchi, senior executive Sony Ericsson, mengatakan selain ponsel musik popular Walkman, perusahaannya juga akan membuat handset berbasiskan Android pada ponsel kamera di jajaran Cyber-shot.

“Kami yakin Sony Ericsson dapat memberikan pengalaman untuk menghasilkan handset yang difoksukan untuk multimedia agar mendapat pengalaman baru setelah bergabung dengan aliansi itu, dipadukan dengan kesuksesan submerek Walkman dan Cyber-shot,” katad Sakaguchi.

Sony Ericsson merupakan pendukung kuat sistem operasi terbuka. Android akan menjadi pelengkap platform ponsel yang sudah ada berdampingan dengan perangkat yang menggunakan sistem operasi Symbian, serta yang baru saja dirilis Xperia X1, menggunakan Windows Mobile.

Android, yang dikembangkan oleh Google dan partnernya di Open Handset Alliance, didesain untuk memberikan pengalaman komputasi desktop ke perangkat ponsel. Sistem ini ditujukan untuk membuat mobile web makin mudah digunakan dan mengkombinaiskan akses internet dengan penyediaan informasi dimanapun berada di seluruh dunia.

Menurut rumor yang beredar, Sony Ericsson akan merilis ponsel Android pertama mereka pada musim panas 2009 mendatang. Menurut Blog tidak resmi Sony Ericsson (Unofficial Sony Ericsson Blog), berikut beberapa fakta mengenai Sony Ericsson dan Android

  • The first Android-based handset will be a high-end product.
  • The Android platform won’t be exclusive to high-end products, and will also be used in mass-market products in the future.
  • Android-based products won’t be niche products, and Sony Ericsson will continue developing phones based on Symbian and Windows Mobile.
  • As of now, there are no specific announcements or release plans for any Android-based product by Sony Ericsson. It is simply too early for anything specific.

Apakah Android benar – benar akan menjadi operating sistem ponsel Sony Ericsson ?. Well, kepastian ponsel Android akan diproduksi masih menjadi misteri. Namun, bagaimanapun, akan kita ketahui tahun 2009 mendatang, semoga.

(Diambil dari berbagai sumber)